Pages

Kamis, 01 Desember 2011

Apa itu WiMAX ?


WiMAX ? masih asing ya ?yah kalo saya maklum lah.Memang nama ini belum terdengar gaungnya mungkin hanya berberapa orang saja yang mengerti.Saya tidak termasuk,Karena saya hanya tahu bukan mengerti.So akan saya jelaskan sedikit mengenai kesok-tahuan saya.kalau ada yang salah mohon dimaklumi

Mengutip sedikit pengertian wimax dari Wikipedia
"WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul"

Dari hal diatas ada yang yang bisa dipahami ?oke,simplenya wimax adalah sebuah wifi dengan jangkaun hingga puluhan kilometer atau bisa dikatakan wifi untuk satu kota.Wow!wifi untuk satu kota ?pasti keren itu bisa wifian dimana saja dalam satu kota.Tapi jangan terkejut dulu,yang pernha saya dengar dan baca di internet WiMax ini bahkan bisa mencangkup sebuah negara di Eropa.Tapi jangan bayangkan Indonesia bisa seperti itu.Bisa saja sih,tapi pasti hal yang complicated to do .Mengingat negara-negara di eropa pada dasarnya hanya negara-negara kecil

Eitts tunggu dulu,ternyata Di Indonesia sudah ada operator WiMAX.Apa ?dari yang saya baca ada berberapa perusahaan yang telah memenangi ternder untuk menjadi operaotr WiMAX di daerah-daerah tertentu.Tapi kok tidak pernah terdengar ya gaungnya ?Entah operator tersebu sedang membangun fasilitas atau saya saja yang ketinggalan informasi.Tapi saya berharap WiMAX bisa digunakan untuk internet indonesia yang tertinggal jauh

0 komentar:

Posting Komentar